Guru Amerika Tertarik Hadroh Siswa MAN 4 Jakarta

By Admin

nusakini.com--MAN 4 Jakarta kedatangan tamu, rombongan peserta Teacher for Global Class rooms (TGC) Amerika Setrikat. Kehadiran mereka di madrasah yang berlokasi di Pondok Pinang Jakarta Selatan ini disambut penampilan kesenian dari para siswa, salah satunya hadroh. 

Hadroh merupakan seni musik bernafaskan Islam. Kesenian ini berisi lantunan Sholawat Nabi yang diiringi dengan musik. Biasanya kesenian ini dipertunjukan pada acara keagamaan.  

Salah satu peserta TGC Amerika, Douglas, mengaku senang dengan sambutan kesenian yang ditampilkan siswa madrasah. Meski baru pertama kali melihat, dia mengaku tertarik dengan kesenian hadroh terseut.  

“Sangat menyenangkan mendengarkannya. Keserasian irama nyanyian dan tabuhan, bener-benar memukau,” ucapnya di Jakarta, Selasa (18/07).  

Wakil Kepala Humas MAN 4 Jakarta Yulis mengatakan kalau pihaknya sengaja memilih hadroh sebagai salah satu pertunjukan menyambut kedatangan mereka.  

"Kami sengaja menampilkan hadroh agar dapat mengenalkan salah satu seni budaya yang ada di Indonesia kepada negara lain. Hadroh juga menjadi salah satu kegiatan ektrakurikuler yang ada di madrasah kami,” jelas Yulis. 

TGC merupakan program dari Negeri Paman Sam. Mereka mengirimkan guru-gurunya untuk mengikuti dan terlibat dalam proses belajar mengajar di lembaga pendidikan formal selama beberapa pekan di negara yang dipilih. 

Tahun ini, Indonesia kembali terpilih sebagai negara tujuannya. Sebelumnya, mereka juga pernah juga ke Indonesia, tepatnya pada tahun 2012. 

Kepala MAN 4 Jakarta, Ismail menyampaikan kegembiraannya atas kunjungan TGC Amerika. Dia mengaku senang madrasah yang dipimpinnya terpilih sebagai salah satu tempat pelaksanaan program pertukaran guru.  

“Pastinya banyak ilmu yang akan diperoleh anak didik kami dan juga dapat memberikan motivasi lebih kepada anak-anak untuk mempelajari berbagai hal dari negara luar, seperti bahasa, budaya dan juga kebiasaannya,” katanya.(p/ab)